Latitude dan Longitude

16 06 2008

Minggu-minggu belakangan ini lagi asik baca tentang gps, akhirnya jadi kepikiran buat nulis sedikit tentang pengukuran latitude dan longitude dari suatu koordinat. Sebenernya, kalo kita butuh koordinat kita tinggal liat aja dari gps handheld kita, seperti garmin, dll. Biasanya, pada gps terbaru koordinat yang di tampilkan udah dalam format Derajat-Menit-Detik (Degree-Minutes-Second) jadi secara pembacaan udah lebih enak ketimbang yang masih dalam format derajat saja (DDD). Kaitannya dengan latitude dan longitude adalah, kedua garis lintang dan bujur inilah (latitude = garis lintang, longitude = garis bujur) yang menentukan di perolehnya suatu nilai derajat dari suatu titik yang diukur.

Menurut bahasa saya, kedua garis ini bisa diartikan seperti dibawah ini.
Latitude adalah garis yang melintang di antara kutub utara dan kutub selatan, yang menghubungkan antara sisi timur dan barat bagian bumi. Garis ini memiliki posisi membentangi bumi, sama halnya seperti garis equator, tetapi dengan kondisi nilai tertentu. Garis lintang inilah yang dijadikan ukuran dalam mengukur sisi utara-selatan koordinat suatu titik di belahan bumi.

Latitude di bedakan menjadi 2 wilayah, yaitu utara atau yang biasa kita sebut lintang utara dan selatan atau yang biasa kita sebut lintang selatan, dimana nilai koordinat di bagian utara selalu positif dan nilai koordinat di bagian selatan adalah negatif.

Berikut nilai-nilai yang dijadikan patokan ukuran garis lintang ini.
1. Garis paling atas (kutub utara) = 90 derajat
2. Garis paling tengah (equator) = 0 derajat, dan
3. Garis paling bawah (kutub selatan) = -90 derajat.

dengan “mem-persamakan” derajat ke dalam bentuk satuan kilometer (km) maka ukurannya seperti ini :

1 derajat latitude = 111 km
1 menit latitude = 1.85 km

Sebaliknya, longitude adalah garis membujur yang menghubungkan antara sisi utara dan sisi selatan bumi (kutub). Garis bujur ini digunakan untuk mengukur sisi barat-timur koordinat suatu titik di belahan bumi.

Sama seperti equator pada latitude yang berada ditengah dan memiliki nilai 0 (nol) derajat, pada longitude, garis tengah yang bernilai 0 (nol) derajat disebut garis prime meridian. Sedangkan garis yang berada paling kiri memiliki nilai -90 derajat, dan yang paling kanan memiliki nilai 90 derajat.

Longitude juga dibedakan menjadi 2 wilayah, yaitu bujur timur dan bujur barat, dimana koordinat yang berada di timur selalu bernilai negatif, dan sebaliknya yang berada di barat selalu positif. Nilai satuan ukuran derajat menjadi kilometer pada longitude juga sama seperti pada latitude.

Jadi, dalam metode pengukuran koordinat, suatu titik terlebih dulu diukur derajatnya berdasarkan latitude dan longitude-nya, setelah itu barulah di translasikan kedalam bentuk satuan kilometer, baik itu dalam format degree (DDD) maupun degree-minutes-second (DMS).

About these ads

Aksi

Information

7 responses

4 10 2008
ujipress

ternyata ada juga yang nulis ginian yahh…. xixixixi… tengkyu info nya….

salam

27 02 2009
bagus

wah..ternyata asik juga baca yang kaya gini2an….kalo untuk saya sangat membantu mengetahui apa itu latitude dan longitude….ehm…ada lagi gx om ilmunya…hikz..

salam thx…

bagus.

11 01 2010
joffry

huhuhuhuhuhuh……….tau2 je yg aku nk information nieeeeee….hahhahaaha
aku ske laaaaaaa…hahahha…lau ad mklumat ag kongsi2 laaaaaaaa…hahahahah

15 07 2011
Jhon

sueneng q…

4 09 2012
kiki

makasi banyak kk info nya, sangat membantu tentang penjelasan latitude dan longitude nya :)

13 09 2012
Hendry

Trima kasih, sangt bermanfaat

5 05 2013
Rio DjenerRo

Nice Ilmu Nya..:)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: