Yahoo! Mail yang dianggap Spam

17 04 2008

Beberapa waktu yang lalu, saya di kejutkan oleh beberapa email yang tidak diterima oleh akun email saya di tempat lain. Setelah menyelidiki beberapa saat, ternyata email yang saya kirim dari yahoo, tepatnya *_*@yahoo.co.uk selalu dianggap spam.

Beberapa percobaan pun mulai saya lakukan, dari mengirim email dengan tujuan akun email resmi saya di kantor sampai beberapa akun email lain, semuanya saya buat dalam kondisi yang sama, yaitu tanpa attachment dengan subject dan isi : “test”.

Hasilnya :

1. Akun email resmi kantor saya tidak menerima email apa-apa, karena antispam servernya seketika men-delete email yang saya kirim dari mail.yahoo.co.uk tersebut.😦

Hal ini saya ketahui dari rekan saya yg bertugas sebagai postmaster email di kantor.😀

2. Akun email saya di gmail menerima email tersebut !. Tetapi di kategorikan sebagai spam juga.

yahoo as spam in gmail

3. Akun email saya di yahoo.com juga memperlakukan hal yang sama, yaitu dengan langsung memasukkan email tersebut di “bulk”.

4. Email dapat diterima dgn baik hanya pada akun yahoo.co.uk yang saya gunakan untuk mengirim sendiri.

Akhirnya saya coba cari referensi ttg masalah ini… dan di dapat beberapa link yang masalahnya hampir mirip dgn yang saya alami. Diantaranya seperti pada link ini.

Meskipun disana pertanyaan saya belum terjawab, tetapi saya memiliki kesimpulan sendiri.

Yang pertama adalah nama email yang memiliki karakter (_) “underscore”, 90% akan dianggap sebagai spam oleh kebanyakan email server. Mengapa saya katakan 90%, jawabnya karena dari 5x percobaan kirim email hanya 1x yang masuk ke inbox saya. Sepertinya perlakuan seperti ini pun akan sama dengan nama email yang memiliki karakter (-)🙂

Yang kedua, Gmail memiliki beberapa kriteria “mengapa suatu email dianggap spam”. Untuk lebih jelasnya bisa klik disini.

Ya paling enggak dari kedua alasan diatas sudah cukup buat saya untuk segera buat akun email baru, tentunya yang gratisan juga😀 selain di yahoo.co.uk, mengingat lumayan banyaknya email ber-attachment CV yang saya kirim pake email itu 😳


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

