Kaskus Down??

19 05 2008

Biasanya, pada hari jum’at sore saya sempatkan untuk browsing di kaskus.
Kaskus adalah Sebuah forum yang mengedepankan kebebasan dalam berpendapat, yang berisi banyak sekali topik dan sub-topik (thread), dari anggota-anggotanya. Dari pembahasan tentang komputer, film, musik, komunitas di luar negeri, jual-beli, supranatural, sampai hal-hal “sampah” ada disini. Kadang 1 topik bahasan saja bisa menjadi sangat panjang tanpa banyak solusi atau pendapat yang bermutu. Komplit memang.. saking komplitnya forum ini bahkan disebut-sebut sebagai forum terbesar di Indonesia.

Saya sendiri sebagai anggota, walaupun telah cukup lama bermain-main di forum ini bukannlah anggota yang aktif (aktif atau enggaknya bisa dilihat dari jumlah post), malahan bisa dibilang sangat pasifšŸ™‚

Ini mungkin karena saya lebih bertipikal “penikmat” informasi saja, dimana tipe-tipe orang seperti saya di forum ini terkenal dengan sebutan “leecher”.

Oke lanjut ke topik, pada hari Jum’at sore (16/05/2008) saya mencoba untuk mengakses forum ini. Tujuannya apalagi kalau bukan ingin melihat “apakah sudah ada link lokal serial supernatural“. Karena ini sekarang adalah serial favorit saya, tentunya saya tidak ingin berlama-lama melewatkannya setelah tayang tiap hari kamis sore di televisi di Amerika.

Namun yang terjadi adalah situs kaskus tidak dapat diakses entah mengapa. Browser saya menampilkan pesan error loading page.
Pertama, saya pikir mungkin karena congestion paket-paket data dari dan ke kaskus. Saya lalu mencoba untuk mengecek apakah alamat tersebut masih dapat dilewati paket data. Untuk ini saya gunakan perintah Ping dari command prompt. Hasilnya, nihil server kaskus tidak memberikan reply balik.

Karena saya pikir kemungkinan terblok oleh ISP lokal, maka saya mencoba untuk mengirimkan perintah ping dari tempat lain. Seperti yang kita tahu, server kaskus ada di Amerika Serikat (US), maka saya coba untuk ping dari Amerika juga. Namun hasilnya masih sama…. tidak ada reply.

Akhirnya kesimpulannya adalah server kaskus sedang lumpuh saat ini, mengenai apa yang menyebabkannya masih belum diketahui.
DDoS ..?, kecil kemungkinannya mengingat jalur koneksi yang disewa kaskus tergolong besar/lebar. Apakah karena kesalahan admin situs sehingga akhirnya situs berantakan ??, harusnya bisa diantisipasi dengan, membuat backup file terlebih dulu, kalau admin tidak mengerjakan hal ini namanya bukan adminšŸ™‚ . Ataukan ada masalah/kerusakan pada hosting yang mana ini merupakan tanggung jawab penyedia jasa hosting..??, sepertinya kemungkinan ini lebih besar dari pada 2 kemungkinan yang saya utarakan sebelumnya. Kalau begini kaskus harus minta restitusi pada penyedia jasa layanan… hehehe.

Tapi semua diatas hanya pendapat pribadi, jadi mudah-mudahan pihak kaskus bisa menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi selama 2-3 hari ini.

Note :
Sampai sekarang, saat tulisan ini saya kirim, kaskus masih belum bisa di akses… entah sampai kapan saya bisa mengecek link untuk mengunduh supernaturalšŸ˜¦


Aksi

Information

One response

19 04 2010
neody

buset, ane kaga ngerti dah gan :hammer:

kaskus mungkin memang sering di serang, secara forum besar begitu, pasti hacker bangga kalo bisa dapetin vurnerablenya..

Tinggalkan Balasan

